Apakah Anda AKan Mudik Dengan Menggunakan Kereta? Ini Dia Tips Cerdasnya

Mudik saat Hari Raya Idul Fitri itu merupakan sebuah tradisi yang kerap dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. Dengan kata lain, tradisi mudik saat lebaran ini tidak akan kita jumpai di Negara lainnya. Tujuan dari mudik itu sendiri adalah pulang ke kampung halamannya masing-masing, untuk bersilaturahim bersama keluarga, kerabat, maupun sahabat. Salah satu moda transportasi umum yang selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian besar para pemudik, yakni berupa kereta api. Nah, bagi anda yang hendak cari tiket kereta dan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api, berikut di bawah ini ada beberapa tips cerdasnya :

  1. Hindari Membawa Barang-barang Yang Berlebihan

Tips cerdas pertama yang harus anda lakukan saat mudik dengan menggunakan kereta, yakni jangan membawa barang-barang secara berlebihan. Soalnya, hal itu dapat mengganggu kenyamanan anda dan para penumpang lainnya. Sedari itu, bawalah barang-barang secukupnya dan utamakan barang yang paling pentingnya saja.

  1. Hindari Membeli Tiket Melalui Calo

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa calo merupakan praktek illegal yang tentu saja harus dilawan. Sama halnya dengan praktek suap-menyuap, yang kerap melibatkan orang dalam untuk mempermudah transaksi tiketnya. Saat anda ditawari tiket oleh calo, sebaiknya acuhkan saja mereka, kalau bisa laporkan saja langsung pada pihak yang berwajib.

  1. Pesan Tiket Sejak Jauh-jauh Hari

Tips cerdas berikutnya yang harus anda lakukan saat hendak mudik dengan menggunakan kereta, yakni memesan tiket sejak jauh-jauh hari. Mengapa harus demikian? Pasalnya, mendekati hari H itu biasanya jumlah tiket mudik kereta yang tersedia sudah semakin terbatas, bahkan sampai habis. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena situs Misteraladin.com hadir untuk memudahkan anda dalam pemesanan tiket kereta via online. Ya, melalui situs ini, tentunya anda dapat memesan tiket kereta dimana saja dan kapan saja tanpa harus beresak-desakkan. Maka dari itu, buruan kunjungi situs Misteraladin.com sekarang juga, sebelum tiketnya kehabisan lho!

  1. Jangan Menggunakan Perhiasan

Khusus untuk para wanita dan kaum ibu, sebaiknya anda jangan menggunakan perhiasan saat hendak mudik. Hal itu dikhawatirkan akan memicu tindakan kriminal, yang ditakutkan dibarengi dengan tindak kekerasan. Perlu anda garis bawahi, bahwa tindak kejahatan itu tidak didasari niat saja, melainkan juga dikarenakan adanya kesempatan. Selain jangan menggunakan perhiasan, anda juga jangan memakai pakaian-pakaian yang terlalu tipis ataupun pakaian sexy lainnya.

  1. Membawa Makanan dan Minuman Secukupnya

Semenjak diberlakukannya peraturan baru yang ditetapkan oleh PT. KAI, yang melarang para pedagang asongan untuk berjualan di dalam kereta api. Saat kereta berhenti pada rute tertentu, biasanya hal tersebut akan dimanfaat oleh para penumpang untuk membeli makanan dan minuman. Namun, adakalanya kita merasa malas beranjak dari kursi untuk membelinya. Maka dari itu, dianjurkan bagi anda untuk membawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya dari rumah.

  1. Curigai Pemberian Dari Orang Lain

Sudah banyak kasus-kasus penipuan dengan modus memberi makanan atau minuman kepada penumpang, dimana makanan dan minuman tersebut sudah diberi obat bius. Setelah korban mengonsumsinya dan tidak sadarkan diri, para pelaku pun mulai menjalankan aksinya untuk mencuri barang-barang berharga milik si korban.

Itulah beberapa tips cerdas yang harus anda lakukan saat mudik menggunakan kereta api, yang semoga saja bisa menginspirasi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>