Ini Dia Beberapa Aksesoris Mobil yang Berbahaya Jika Digunakan

Aksesoris umumnya memiliki fungsi untuk menambah nilai estetika suatu tampilan. Tak terkecuali pada mobil. Mobil memang berfungsi sebagai sarana transportasi. Namun agar suasana berkendara di mobil nyaman dan enak dipandang, menambahkan berbagai aksesoris mobil menjadi salah satu kebiasaan yang sering orang-orang lakukan. Terutama para wanita yang ingin melihat tampilan mobilnya semakin cantik dan menarik.

Menambahkan aksesoris pada mobil tentu saja boleh dilakukan. Namun perlu diperhatikan terlebih dahulu fungsi dan tingkat keamanannya. Jangan sampai hanya karena menginginkan tampilan mobil yang indah, Anda bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang lainnya. Ada beberapa aksesoris yang tidak disarankan dipakai karena berbahaya. Adapun aksesoris-aksesoris tersebut, antara lain:

  • Pembungkus pedal.

Pembungkus pedal yang membahayakan adalah yang berasal dari bahan logam. Untuk pembungkus pedal dari bahan karet, umumnya sudah didesain agar memiliki grip ketika di injak dan tidak licin. Jika pemilik mobil tetap menginginkan pembungkus pedal dari bahan logam, maka sebaiknya pada bagian rem tidak perlu dibungkus, atau lebih baik menggunakan pembungkus pedal dari bahan karet yang dipasang dengan kuat.

  • Sarung stir.

Aksesoris mobil lainnya yang cukup sering digunakan adalah sarung stir. Beberapa pengguna mobil menggunakan benda ini untuk mempercantik bagian dalam mobil. Beberapa sarung stir kebanyakan dibuat tanpa memperhitungkan dari segi kenyamanan dan keselamatan. Padahal stir mobil yang sebenarnya sudah didesain dengan sangat ergonomis dan sudah dirancang sedemikian rupa agar saat dioperasikan berfungsi secara maksimal dan memiliki tingkat keamanan yang diharapkan. Sehingga adanya sarung stir hanya akan merubah fungsi yang pada mulanya sudah bagus.

  • Hiasan kabin.

Aksesoris yang sering dipasang pada kabin, seperti boneka gantung, tempat tissue, atau benda-benda lainnya yang diletakkan di dashboard namun tidak memiliki grip akan mudah jatuh atau terlempar saat terjadi guncangan dalam berkendara. Dikhawatirkan, jika benda-benda ini terjatuh di area kaki pengemudi bisa membahayakan keselamatan. Terutama jika mengganjal pada pedal dan menyebabkan kendali mobil bermasalah.

  • Warna lampu.

Saat ini banyak pengguna mobil melakukan modifikasi pada mobil dengan menggunakan lampu HID. Lampu HID adalah jenis lampu dengan nyala lampu seperti cahaya putih matahari. Selain itu banyak juga yang menggunakan lampu rem belakang dengan warna putih yang serupa. Hal ini mungkin bisa membuat penampilan mobil semakin menarik. Namun, sayangnya cukup membahayakan bagi pengemudi lain lantaran cahayanya yang cukup silau dan berpotensi menyebabkan tabrakan mobil. Sehingga aksesoris ini kurang recommended untuk Anda yang ingin melakukan modifikasi mobil.

  • Forklift knob.

Aksesoris mobil lainnya yang cukup sering digunakan adalah forklift knob. Alat pemutar setir ini banyak digunakan oleh pengguna mobil lantaran bisa meringankan kerja saat mengemudi (memungkinkan untuk mengemudi dengan satu tangan saja). Namun sayangnya penggunaan forklift knob sangat rentan menimbulkan kecelakaan. Hal ini karena saat dalam keadaan darurat, jika kendali tidak benar-benar dengan kedua tangan yang kuat akan sangat berbahaya dengan alat pemutar stir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>