10 Aliran Modifikasi Motor

Sebelum melakukan modifikasi motor, anda harus mengetahui terlebih dahulu aliran modifikasi apa yang akan anda gunakan sehingga desain yang akan diaplikasikan akan menjadi lebih maksimal. Ada banyak aliran modifikasi sepeda motor dengan karakteristik yang berbeda-beda. Tidak semua pengendara motor cocok dengan suatu aliran sepeda motor tertentu, sehingga ada baiknya mengetahui berbagai jenis aliran tersebut. Berikut merupakan 10 aliran modifikasi motor yang paling banyak digunakan.

  1. Low Rider Bike

Ciri khas aliran modifikasi ini adalah modif motornya yang memiliki ketinggian tanah rendah. Ada juga beberapa motor yang diatur dengan ketinggian sangat rendah, hingga hampir mencium tanah. Modifikasi seperti ini biasnya dengan melakukan pemotongan pada kerangka motor dan juga shockbreaker agar terlihat lebih pendek, bahkan hingga menghilangkan tanki bensin.

  1. Vintage Bike

Aliran ini mempertahankan unsur originalitas kendaraan alias tampil dengan standard pabrik. Walaupun terlihat simple, tetapi budget untuk modifikasi ini lumayan besar karena harga sparepart original sangat mahal dan juga langka di pasaran.

  1. Street Tracker Custom Bike

Aliran modifikasi street tracker custom bike ini biasanya mengusung konsep desain tanki bahan bakar terlihat flat dengan jok dan desain belakang terlihat agak meruncing.

  1. Supermoto

Aliran modifikasi motor supermoto biasanya tetep bernuansa trail, tapi pada bagian kaki-kakinya, khususnya bagian velg dan ban yang digunakan, berbeda dengan ban motor trail. Aliran modifikasi supermoto tidak menggunakan ban kotak atau ban kembang tahu.

  1. Trail Bike

Aliran modifikasi ini cukup mengharuskan pengendara untuk merubah total penampilan motornya. Bagian sepeda motor yang harus diganti adalah handguard, fatbar ,knalpot racing, undertail, ban (diganti menjadi ban kotak), dan modifikasi engine guard agar performance tenaga dan torsinya meningkat.

  1. Street Fighter Bike

Adalah aliran yang menampilkan muscle sepeda motor yang lebih padat. Biasanya bagian yang diganti adalah kaki-kaki motor, yakni menggunakan velg dan ban yang lebih besar dan gagah, selain itu sektor mesin lebih ditonjolkan.

  1. Sport Full Fairing

Aliran modifikasi ini membawa tampilan full fairing yang mengadopsi motor besar yang biasa digunakan oleh pembalap motogp.

  1. Drag Bike

Aliran ini biasanya melakukan modifikasi pada bagian performance atau engine, sehingga lebih mengarah peningkatan tenaga yang besar agar sepeda motor dapat melaju lebih kencang, bahkan sekencang kencangnya.

  1. Jap’s Style Bike

Gaya khas dari aliran Jap’s style ini adalah stang telanjang, lampu depan menggunakan jenis bulat, jok pendek, dimensi rangka yang pendek, tangki terlihat lebih kecil, serta jarak antara ban depan dengan ban belakang terlihat lebih panjang dari rangka.

  1. Thai Look Bike

Aliran ini biasanya digunakan pada motor matic, ciri aliran modifikasi ini yaitu pada bagian velg dan ban yang berukuran 16-17”. Kebanyakan motor matic di Indonesia menggunakan velg ukuran 14”.

Itulah 10 jenis aliran modifikasi motor. Mana yang paling sesuai dengan karakter anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>