Bajigur Hangat dengan Sasa Santan Kelapa, Dukung Kualitas Fam Time

Hasil gambar untuk bajigur

Musim hujan seperti sekarang enaknya makan camilan dan minuman hangat yang dianggap bisa menjaga kestabilan suhu tubuh. Salah satu minuman tradisional yang sudah tidak asing lagi adalah bajigur. Sayangnya, penjualnya mulai jarang terlihat. Jadi, saya pun mencoba membuatnya dengan campuran Sasa Santan Kelapa untuk disajikan pada keluarga.

Selain menghangatkan badan, minum bajigur hangat bersama keluarga juga mendukung saya untuk meningkatkan kualitas family time atau yang lebih populer disebut fam time. Sejak dulu, keluarga memang selalu menjadi prioritas saya. Sudah seakan menjadi tradisi juga di dalam keluarga bahwa waktu untuk keluarga ini harus diimbangi dengan minuman dan makanan andalan.

Balik ke bajigur, cara membuatnya ternyata tidak sulit, apalagi saya tidak perlu memarut dan memeras kelapa yang tentunya butuh waktu lebih, sementara keluarga saya sudah sering menggosok-gosokkan jarinya. Sekadar berusaha menahan suhu dingin sore hari yang basah dengan mendapatkan panas pada tangan mereka dari aktivitas tersebut.

Setelah searching di internet, saya pun memilih salah satu resep yang terbilang mudah dari segi mendapatkan bahan dan pembuatannya. Bahn yang dibutuhkan untuk membuat beberapa gelas bajigur yaitu 2 bungkus Sasa Santan Kelapa, 2 ml air, 3 buah gula merah/gula Jawa, 1 sdm kopi hitam, 1 lembar daun pandan, 1 batang kayu manis, 2 ruas jahe, dan 1 sdt garam.

Pertimbangan pertama saya menggunakan santan produk Sasa yaitu dari komposisinya yang menyehatkan karena rendah kolesterol dan tanpa bahan pengawet. Jadi, semua anggota keluarga saya yang terdiri dari berbagai kalangan usia, aman mengonsumsinya. Termasuk kakek dan nenek yang kata dokter, harus diminimalisir konsumsi makanan bersantannya.

Cara membuatnya? Dijamin gampang dan anak kecil pun pasti juga bisa. Saya hanya perlu menyiapkan panci lalu masukkan semua bahan tersebut ke dalamnya. Nyalakan kompor, lalu tunggu sampai mendidih. Kalau lupa membeli Sasa Santan Kelapa, Anda bisa memasukkannya di akhir karena santan instan ini sudah matang dan siap pakai.

Langkah selanjutnya? Tunggu bajigur menghangat, masukkan dalam gelas, kemudian serahkan pada tangan-tangan anggota keluarga yang kedinginan. Beres deh. Selain bajigur, saya juga menggunakan santan instan produk Sasa ini untuk membuat nasi uduk, opor, dan kue nagasari karena memang cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman.

Saya pun memanfaatkan momen ini untuk saling sharing tentang setiap aktivitas di luar rumah. Adik saya cerita tentang hal-hal lucu yang ditemuinya sepanjang perjalanan ke sekolah. Sedangkan kakak, ketiduran di bus dalam perjalanan ke kampus sampai harus ikut kelas lain karena sampai kampus pas jam mata kuliah pagi yang diikutinya sudah bubar.

Begitupula dengan kakek yang pendiam pun angkat bicara, berusaha mengomunikasikan isi hatinya yang selama ini beliau pendam. Kakek sebenarnya rindu pada anak-anaknya yang lain, paman dan bibi saya yang tinggal di Aceh, Padang, Palembang, Cikarang, Jakarta, Pontianak, sampai Jepang. Kami pun segera menelpon mereka satu per satu untuk kakek.

Sambil mendengarkan cerita mereka, sesekali saya menghirup aroma bajigur yang juga menenangkan karena harumnya seperti aroma terapi. Sasa Santan, Aslinya Santan memang dibuat dari kelapa tua pilihan sehingga aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Tidak heran kalau rasanya semantap saat menggunakan santan dari kelapa segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>