Cara Mudah Bikin Tumis Waluh Alias Tumis Labu Siam

Pada dasarnya, waluh merupakan jenis buah-buahan yang bisa juga dikategorikan kedalam jenis sayur-sayuran. Kata waluh sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti labu siam. Kita sebagai masyarakat Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Biasanya masyarakat kita sering menjadikan waluh alias labu siam sebagai resep masakan sehari-hari. Ya, salah satunya adalah tumis waluh, yang kerap hadir dalam sepiring nasi. Dengan kata lain, tumis waluh ini sering dijadikan sebagai lauk pauk. Itu sebabnya, mengapa kuliner yang satu ini sangat identik dengan makanan rakyat Indonesia.

Berbicara soal tumis waluh, dilihat dari teksturnya memang tidak ada yang terlalu istimewa. Namun setelah tumis waluh tersebut menepi dilidah, dijamin kamu akan ketagihan dan ingin terus menyantapnya. Hal itu juga tidak terlepas dari tumis waluh yang memiliki cita rasa gurih dan lezat. Selain memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, ternyata tumis waluh kaya akan kandungan gizi dan protein lho. Bahkan, cara memasak tumis waluh ini bisa dibilang cukup mudah. Meski terbilang cukup mudah, namun bukan berarti bisa semudah yang dibayangkan. Biar lebih jelasnya lagi, berikut dibawah ini ada resep dan cara mudah bikin tumis waluh alias tumis labu siam.

Bahan-bahan Yang Harus Disiapkan :

– 3 buah waluh atau labu siam (potong kotak memanjang)

– 1 sendok makan gula pasir

– 3 lembar daun salam (memarkan)

– ½ sendok teh garam halus

– 3 cm lengkuas (memarkan)

– 1 buah tomat merah (iris-iris)

– 2 buah cabai merah besar (iris-iris)

– 3 butir bawang merah (iris tipis)

– 1 sachet  sasa

– 250 ml air putih

– 3 sendok makan minyak goreng

Cara Membuatnya :

  1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang lalu masukkan bawang merah dan lengkuas, dan tumis hingga aromanya harum.
  2. Selanjutnya masukkan air putih dan mask hingga airnya mendidih.
  3. Tahap berikutnya masukkan waluh (labu siam), cabai merah, tomat, garam halus, gula pasir, dan penyedap rasa, lalu aduk-aduk sampai merata sambil dicicipi agar rasanya pas.
  4. Jika dirasa sudah matang dan bumbunya pas, matikan kompor lalu tiriskan tumis waluh keatas piring.
  5. Tumis waluh alias tumis labu siam pun siap disantap dalam keadaan hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>